Laman

Place 728 x 90 Ad Here

Monday, November 2, 2015

How To Borrow a Book in UNESA's Library

Beberapa waktu lalu gue meminjam buku di perpustakaan kampus gue, Universitas Negeri Surabaya. Sempat kewalahan dan kebingungan juga sih. Masalahnya gue gak pernah minjem di perpustakaan situ. Dari mulai masuk sampai proses peminjamannya adalah hal baru buat gue dan jadi pelajaran buat gue. So, I'm trying to share how to borrow a book from UNESA's library.

source: here.


The very first is...kamu harus menitipkan segala macam barang yang kamu bawa (misalnya tas) dan membawa benda-benda berhargamu juga yang hendak kamu gunakan di perpustakaan nanti. Untuk yang menggunakan jaket, it is okay, guys. You don't have to worry. Bapak-bapak penjaganya memperbolehkan kok memakai jaket.

Second, jangan sampai kesasar loh ya. Perpustakaannya ada dilantai dua. Dan jangan masuk ke pintu disebelah tangga karena itu area khusus buku-buku skripsi dan buat mereka yang sedang mengerjakan skripsi. Gue sempat kebingungan juga sih pas salah masuk ke ruangan ini. Maju dikit terus belok kanan, pintu perpustakaannya ada disebelah kiri, guys. Kamu pasti langsung nemu kok.

Third, kalau misalnya ada buku yang ingin kamu cari, gak mungkin kan dicari satu per satu di rak segitu banyaknya, makanya disitu disediakan komputer dengan halaman depan adalah mesin pencari buku-buku yang tersedia di perpustakaan tersebut. Kamu tinggal memasukkan kata kuncinya saja.

Fourth, nah udah nemu buku yang dicari, tulis kode tempat penempatan bukunya. Kamu tinggal ke ruangan sebelah dan mencari bukunya menurut kode yang ada.

Fifth, buat kamu yang ingin meminjam bukunya, kamu memerlukan KTM atau Kartu Tanda Mahasiswa kalian. Siapkanlah. Atau jika kamu adalah mahasiswa dari kampus lain, gunakan kartu sakti yang kamu punya.

Nb. Step selanjutnya adalah untuk mereka yang adalah mahasiswa UNESA atau yang menggunakan Kartu Tanda Mahasiswa.

Sixth, setelah dapat buku yang kamu perlukan, pergilah menuju meja yang ada bapak-bapak atau ibu-ibu yang sedang duduk di depan komputer besar. Tetapi sebelumnya kamu harus mengisi form peminjaman yang ada di ujung kanan meja tersebut. Oh iya, untuk nomor induk buku ada di halaman pertama atau kedua dari buku tersebut.

Seventh, setelah mengisi form peminjaman, bawalah form tersebut ke salah satu petugas yang ada disitu. Nah, buat kamu yang pakai KTM, usahakan kamu sudah menghidupkan KTM kamu untuk keperluan peminjaman dari perpustakaan ya, guys.

Eighth, nah buat kamu yang KTM nya belum dihidupkan, kamu akan dipersilahkan petugasnya untuk menghidupkan dulu di ruang tata usaha di lantai satu. Ruangannya ada pas didepan pintu masuk di lantai satu kok.

Ninth, setelah menemukan ruangan tersebut, KTM kamu akan diperiksa terlebih dahulu. Jika belum ada hologram untuk semester yang sedang berlangsung maka kamu akan diminta untuk membuka SIAKAD dan menunjukkan Laporan >> SPP Mahasiswa

Ten, setelah KTM kamu sudah dihidupkan, kembalilah ke tempat peminjaman di lantai dua dan kamu sudah bisa meminjam buku yang kamu perlukan tadi. Oh iya, batas peminjaman ada di halaman belakang buku tersebut. Jangan lupa dikembalikan sebelum tanggal yang diharuskan ya.

Sebenarnya, mudah untuk melaksanakannya tetapi buat orang baru seperti gue, ini adalah hal baru. So, I hope there's someone who read this article and find it useful for her/his self, bisa kali kasi komentarnya. Dan makasih buat kamu yang sudah berkunjung.

No comments:

Post a Comment