Laman

Place 728 x 90 Ad Here

Thursday, July 30, 2015

Tips Membeli Buku


Buku adalah salah satu dari pengeluaran gue kalau belanja. Dan biasanya gue bisa sampai kalap kalau lihat buku. Gue sadar bahwa pengeluaran ini tidak masuk akal. Bagaimana gue membeli buku itu dan belum pernah gue baca atau gue malas baca buku itu atau alasan lain membuat gue berpikir ulang untuk membeli buku. Nah, ini dia beberapa hal-hal yang gue mulai perhatikan jika ingin membeli buku.


          1. Belilah sesuai kebutuhan
Poin pertama yang penting dan harus benar-benar diperhatikan. Gue memasukkan ini ke dalam hal yang perlu gue perhatikan karena gue adalah tipe orang yang membeli buku hanya berdasarkan kesenangan. Misalnya kalau gue pengin buku ini, langsung gue beli. Tanpa memikirkan apakah buku ini akan dipakai sampai ke depannya atau tidak.

          2. Don't judge a book by its cover
Pasti ada salah satu dari kalian yang suka membeli sebuah buku hanya dengan melihat cover nya tanpa memperhatikan yang hal lainnya. Entah isi buku itu jelek atau tidak tetap dibeli hanya berdasarkan cover yang lucu. Gue juga (pernah) seperti itu kok.

           3. Jangan ikut-ikutan
Nah, ini adalah hal lain yang mesti diperhatikan. Biasanya gue membeli buku melihat dari review yang bagus. Hal ini sebenarnya tidak baik. Kita membeli karena orang lain suka. Tetapi kita tidak suka. Misalnya dalam hal genre buku. Setidaknya boleh saja melihat bagaimana kondisi atau isi buku yang ingin kita beli, tetapi jangan sampai karena paksaan orang lain atau karena gengsi (orang lain punya, masa kita tidak?), kita membeli buku yang sebenarnya bukan kita banget.

           4. Siapkan budget yang mumpuni
Pastikan jika ingin membeli sesuatu, sisihkan uang untuk keperluan buku yang kita butuhkan. Atau tidak tabung dari jauh-jauh hari. Persiapkan uang lebih daripada perkiraan harga buku yang ingin dibeli.

Nah, ini adalah 4 hal yang gue checklist dan perhatikan sebelum membeli buku. 4 hal ini adalah hal-hal yang gue pribadi jalankan. So, gue merasa lega bisa membagi hal-hal personal yang penting juga bagi orang lain.

No comments:

Post a Comment