Laman

Place 728 x 90 Ad Here

Friday, December 11, 2015

#SeminarNasionalKwu2015 oleh BEM-FT UNESA

Beberapa waktu lalu, tepatnya tanggal 6 Desember, saya berkesempatan mengikuti Seminar Nasional Kewirausahaan yang diselenggarakan oleh BEM-FT Universitas Negeri Surabaya, tempat saya menempuh studi saat ini. Seminar yang diselenggarakan cukup meriah dan bermanfaat bagi saya yang memang mau fokus pada hal-hal berbau wirausaha.

Pembicara yang dihadirkan juga tak kalah menarik perhatian para mahasiswa maupun umum. Dan juga memang ahli dibidang kewirausahaan. Salah satu pembicaranya adalah youtuber yang sudah punya nama yang diakui, Bayu Skak. Siapa gitu yang gak kenal dengan arek Malang ini? Jangan ngaku anak kekinian Jawa Timur deh kalau gak tahu siapa dia. Haha.

source here
Ketiga pembicara ini berbagi ilmu tentang kewirausahaan sesuai dengan bidang yang mereka tekuni. Bayu Skak yang berwirausaha melalui entertaining (Youtuber), Ronald Buyung berbagi ilmu rahasianya dalam membangun bisnis supaya sukses dan Varian Arsya yang membuka bisnis mulai dari sesuatu yang sederhana (dalam hal ini Stupid Chicken).

Dari serangkaian materi yang disampaikan, hal dasar yang harus dimiliki dari berwirausaha adalah niat dan tujuan. Niat dan tujuan saling berkaitan. Jika tujuan kita adalah baik maka niat yang ada pada diri kita pun akan mendorong kita supaya bisa menekuni hal ini dan menjadi sukses. Juga hal dasar lain yang harus dimiliki oleh seorang calon wirausahawan adalah ilmu. Tak lupa juga mencari dan menambah relasi yang paham betul tentang bidang usaha yang mau ditekuni. Oh ya, kunci rahasia kesuksesan oleh Ronald Buyung adalah kita harus selalu mau belajar dari orang lain. Kapanpun, dimanapun dan dari siapapun.

Misal, dari salah satu cerita yang dibagikan oleh Ronald Buyung, setiap hari jika beliau melewati salah satu jalan yang ada di pusat kota Surabaya dan beliau selalu melihat seorang bapak yang walaupun memiliki keadaan kaki yang tidak memungkinkan dirinya untuk berjalan (oh ya, bapak ini adalah seorang penjual koran), dia tetap tersenyum. Dan rasa penasaran muncul dalam benak Ronald Buyung. Suatu hari pun, kesempatan untuk menghilangkan rasa penasaran pun tiba. Lampu merah dan Ronald Buyung pun menghentikan mobilnya kemudian bertanya pada bapak ini, "Pak, kalau boleh saya tahu, apa rahasianya bapak selalu tersenyum walaupun dengan keadaan seperti ini?" Kurang lebih seperti itu pertanyaannya. Dan jawaban sederhana pun keluar dari mulut sang bapak Hidup memang seperti ini, ya dijalani saja." Ronald Buyung pun terkesima dengan jawaban sederhana itu.

Perlu kalian ketahui bahwa berwirausaha itu 20 persen adalah ilmu dan kerja keras dan 80 persennya adalah hubungan sosial dengan orang-orang disekitar. Itulah mengapa hal-hal sederhana seperti itu sangat diperlukan.

Berwirausaha juga jangan asal-asalan. Bukalah bisnis sesuai hal yang kita sukai atau yang menjadi passion kita.

Sedangkan Bayu Skak sendiri berbagi ilmu tentang bagaimana cara membuat video dan terjun dalam dunia Youtube. Gampang-gampang susah. Namun jika kita benar-benar mendalami dan tekun, pasti bisa kok. Kalau kita ingin bergelut di dunia ini, karya-karya kreatif kita sangat diperlukan untuk menarik perhatian khalayak. Dan jangan menunda adalah poin penting yang diharuskan jika kalian ingin masuk dunia Youtube.

Bosen ya bacanya? Saya cuma ingin berbagi ilmu yang saya dapat kok. Dibaca ya, Puji Tuhan Alhamdulillah. Gak dibaca juga, gak masalah. Karena berbagi adalah hal yang mulia.

Dan terima kasihku buat BEM-FT UNESA yang sudah menyelenggarakan acara ini. Semoga kedepannya ada acara-acara yang lebih oke lagi dan sukses terus BEM-FT UNESA.

FT bersatu, tak bisa dikalahkan! Ha.

So, cukup sekian tulisan kali ini. Terimakasih sudah dibaca dan sampai jumpa di postingan selanjutnya. Bye.

No comments:

Post a Comment