Laman

Place 728 x 90 Ad Here

Wednesday, September 9, 2015

#JalanJalan Yuk ke House of Sampoerna!

Ciye. Setelah setahun lebih tinggal di Kota Pahlawan ini, akhirnya bisa menyempatkan diri jalan-jalan ke tempat-tempat bersejarah dan terkenal. Banyak tempat yang ingin gue kunjungi.

Salah satunya adalah House of Sampoerna.

dari luar

Buat kalian yang ingin menikmati suasana rumah dan wewangian rempah-rempah serta keheningan yang membawa damai, boleh banget nih mampir ke museum ini. Kalian yang penat akan dunia kerja ataupun kampus dan sekolahan, bisa menyegarkan pikiran kalian disini.

dari dalam

Penjaga museum yang masih muda menyapa ketika pertama kali menginjakkan kaki di dalam museum ini. Ramah dan penuh senyuman. Belum lagi, wewangian rempah-rempah yang menghantam indera penciuman. Benar-benar obat paling mujarab menghilangkan kepenatan. Ruangan yang bersih dan penataan yang rapi pun menambah nilai tambahnya.


Museum ini terdiri atas dua lantai, dimana lantai pertama digunakan sebagai ruang pamer dan lantai kedua untuk penjualan souvenir. Lantai pertama sendiri terbagi atas tiga ruangan terpisah yang menampilkan barang-barang unik dan display yang oke sehingga bikin geregetan pengen di foto. Pada ruangan pertama di lantai satu ini menampilkan toko kelontong milik si empunya PT Sampoerna yang menjadi cikal bakal berdirinya perusahaan rokok ini.




Selain, toko kelontong ini, disisi lainnya, terlihat meja kerja dan kumpulan foto-foto si empunya perusaan rokok ini. Foto-fotonya berisi sedikit dari perjalanan hidup si pendiri PT Sampoerna ini.


Ruangan kedua di lantai satu ini terdiri dari koleksi lukisan dan gambar serta foto-foto orang-orang yang pernah menjabat sebagai CEO PT Sampoerna ini. Juga ada foto keluarga dari masa ke masa.


Beranjak ke koleksi selanjutnya. Kita disuguhi berbagai macam koleksi yang menarik sehingga menyentil rasa ingin tahu untuk melihat lebih dekat koleksi di ruangan ketiga ini. Ada berbagai macam hal yang ditampilkan disini. Mulai dari baju serta peralatan parade pekerja pabrik ini di luar negeri, perkembangan rokok perusahaan ini dari masa ke masa dan alat peracik rokok itu sendiri. Barang-barang unik dan tidak pasaran ini membuat tangan kita gatal ingin mengabadikannya dalam foto.






Lantai kedua museum ini merupakan tempat penjualan souvenir Sampoerna. Dari lantai kedua ini, kita bisa dengan jelasnya melihat para pekerja, yang sebagian besar wanita, yang sedang melinting rokok. Sayangnya, dari lantai dua ini kita tidak diperbolehkan untuk mengabadikan foto.



Overall, museum House of Sampoerna ini adalah salah satu tempat recommended yang bisa kalian kunjungi dikala waktu senggang. Demi menghilangkan kepenatan atau hanya sekedar berjalan-jalan semata bahkan buat mereka yang ingin mencari ketenangan demi melepaskan diri dari sang mantan (re: mencari jalan move on). Ciye, baper.

Keterangan: 
  • Buka dari hari senin sampai minggu dari pukul 09.00 sampai 22.00 WIB
  • Tidak dipungut biaya untuk tarif masuk
  • Alamat: Taman Sampoerna No. 6, Krembangan, Pabean Cantikan, Surabaya
  • Telp. +6231 353 9000 Fax. +6231 353 9009
  • Website: http://houseofsampoerna.museum/

  • Fasilitas: toilet, galeri seni, rumah makan (A Cafe)

Sincerly,

Foto: dokumentasi pribadi.
Sumber: 
http://andikaawan.blogspot.co.id/2013/07/museum-house-of-sampoerna-surabaya.html
http://houseofsampoerna.museum/

No comments:

Post a Comment