Laman

Place 728 x 90 Ad Here

Thursday, April 23, 2015

World Book Day

Selamat hari buku sedunia :)

Tepat hari ini, tanggal 23 April resmi ditetapkan sebagai hari buku sedunia.


Membaca buku dewasa kini menjadi hal yang jarang dilakukan oleh muda-mudi masa kini, terutama di Indonesia. Mereka lebih menggemari social media, boyband/girlband dan hal kekinian lainnya. Ada yang lebih menyukai menonton daripada membaca. Padahal kita tahu sendiri buku adalah jendela dunia. Dengan membaca buku berarti kita sudah melihat dunia. Tetapi muda-mudi masa kini tidak memanfaatkan dengan baik "jendela" itu.

Aku pernah baca, kalo di Amerika, membaca adalah sebuah kebutuhan bagi mereka. Makanya kalo misalkan mereka bertanya pada seseorang tentang hobinya, mereka akan tertawa dengan jawaban membaca buku. Karena bagi mereka itu bukan hanya sekedar hobi, tetapi menjadi kebutuhan mendasar.

Kalo melihat perbedaannya, kebutuhan mendasar muda-mudi kekinian adalah sandang, pangan, papan dan gadget. Sedangkan orang Amerika adalah sandang, pangan, papan dan buku. Perbedaan yang kelihatan konyol tapi hal ini yang membuat Amerika menjadi negara yang disegani karena ilmu mereka.

Paling tidak, kita membaca beberapa paragraf sebuah buku setiap harinya daripada kita hanya berhadapan dengan hal-hal kekinian yang tidak ada artinya.

No comments:

Post a Comment