Laman

Place 728 x 90 Ad Here

Sunday, April 20, 2014

Ujian Akhir Nasional selesai...

Ujian akhir nasional telah berakir...

Lo gak bakalan tahu rasanya bebas, sampai lo sudah menyelesaikan ujian nasional...
Ujian Akhir Nasional = Ujian Akhir Kesengsaraan

Walaupun udah mau hampir seminggu lepas dari ujian nasional, gue bakal tetap publish entri ini. Ya, lo tau kan, gue punya penyakit mood-swing.

Duh, rasanya bisa lepas dari segala macam hitungan buah apel yang jatuh, peluang terambilnya bola putih dari box berisi bola merah, kuning, hijau, putih dan bagaimana reaksi antara alumunium dengan oksigen itu bisa terjadi itu kayak...duh susah dijabarkan! Jangan lupakan satu pelajaran yang bikin pingsan kalo liat nama-nama anehnya (re: latin).

Lo bisa bayangin, tiga tahun belajar, tiga tahun perjuangan menghapal hal-hal aneh dan bikin muntah-muntah, itu pada akhirnya hanya dibayar dengan 40 dan 50 soal ini? Gue kadang bingung. Dan gue kadang hanya bisa menerima, gak boleh protes. Karena percuma juga kan gue protes, toh pada akhirnya gue tetap harus jalani Ujian Nasional ini.

Hari pertama yang dibuka dengan bahasa indonesia dan biologi. Bahasa Indonesia-nya sih lumayan kejangkau otak gue. Lah biologi? Bikin sesak napas, man. Susah! Gue udah putus asa aja tau gak. Bawaannya pengen nangis, tapi gue ngantuk waktu itu, so gue tidur aja. Terus, lanjut hari kedua, kimia dan matematika. Well, ini hari terberat. Bisa-bisanya orang bikin jadwal kayak gini ya? Udah tau, ya kan, pelajaran berat gini, malah disatuin harinya. Kimia gue cukup bisa, nah tiba di matematika? Lagi-lagi gue pengen nangis. Emang sih, itu soal-soal mirip dengan prediksi, cumannya ya loh tau kan kalo siswa itu kayak gimana. Kita bakal ngerasa pinter banget pas kita ngerti hari itu dan ngerjain soalnya, nah coba tanya deh sebulan kemudian, masih ingat kagak? Ya bersyukur kalo dipelajari terus dirumah, nah kalo enggak? Kan payah! Dan sayangnya, gue masuk dalam kategori murid seperti ini. Miris. Nah, hari terakhir ditutup dengan bahasa inggris dan fisika. Well, bahasa inggris sedikit bikin gue puyeng. Gimana enggak coba? Bacaan satu kertas, nah yang ditanya main idea atau kalo bahasa indonesianya itu ide pokoknya. Gila. Ngantuk banget bacanya. Rasanya pengen tidur aja. Belum lagi listening yang kumur-kumur gitu. Huft. Sampe di fisika, kayak udah luka terus dikasi air jeruk nipis. Tambah sakit hati! Tau? Fisika gue pelajari hitungannya dan gue percaya diri kalo gue bisa, nah sampai di soalnya, malah dikasi teorinya. Gimana gak sakit coba? Rasanya pengen nangis aja. Dalam pikiran gue itu "duh, gue gak lulus nih" dan nangis.


Well, buat yang sekarang kelas sebelas. Gue pengen kasi petuah. Jangan sia-siakan waktu kalian. Belajar. Karena kalian itu "buta" akan soal apa yang bakal kalian dapat. Jangan kayak gue. Yang cuma fokus di hitungan, nah padahal nantinya dapat teori. Kalian harus mulai fokus! Karena kalo enggak, kalian bakal benar-benar menyesal pas udah dihadapin dengan soal UN. Kalian harus berulang-ulang kerjakan soal. Jangan malas! Dan untuk memperlancar semua itu, kalian harus berdoa. Minta akal budi, fokus, dan konsentrasi supaya kalian boleh belajar dengan baik. Dan jangan lupa minta kesehatan juga.



Salam UN,
MT ^^

No comments:

Post a Comment